Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6 Manfaat Tak Terduga Makan Pepaya, Bisa Cegah Kanker!

Jangan lupa membaca artikel tentang bisnis di > Informasi bisnis terbaik 2020.

pepaya-doktersehat
Photo Source: Flickr/jariceiii

DokterSehat.Com– Pepaya adalah salah satu buah yang bisa dengan mudah didapatkan di mana saja. Tak hanya di pasar tradisional, kita juga bisa menemukannya di pasar swalayan atau toko buah. Kebanyakan orang berpikir jika pepaya hanya baik bagi kesehatan pencernaan saja. Padahal, dalam realitanya pepaya memiliki banyak sekali manfaat kesehatan jika kita rajin mengonsumsinya.

Manfaat makan pepaya

Pakar kesehatan menyebut pepaya sebagai salah satu buah dengan kandungan nutrisi yang tinggi. Sebagai contoh, kita bisa mendapatkan enzim papain yang bisa mendukung kesehatan tubuh. Jika kita mengonsumsi 152 gram pepaya, maka kita sudah mendapatkan karbohidrat sebanyak 15 gram, serat sebanyak 3 gram, protein sebanyak 1 gram, dan kandungan lainnya seperti asam folat, vitamin A, vitamin C, serta kalium.

Berikut ini beberapa manfaat makan pepaya untuk kesehatan:

  1. Mendapatkan asupan antioksidan

Salah satu hal yang bisa menyebabkan datangnya penyakit adalah radikal bebas. Masalahnya adalah radikal bebas bisa ditemui dengan mudah sehari-hari. Sebagai contoh, polusi udara, asap rokok, hingga makanan tertentu bisa menyebabkan munculnya hal ini.

Berdasarkan sebuah penelitian, dihasilkan fakta bahwa buah pepaya mampu menurunkan stres oksidatif yang dipicu oleh radikal bebas. Hal ini disebabkan oleh tingginya kandungan antioksidan di dalam buah ini. Bahkan, penelitian ini menyebut pepaya bisa mencegah datangnya alzheimer dengan efektif.

Para peneliti menyebut penderita alzheimer yang rutin mengonsumsi ekstrak buah pepaya selama enam bulan mampu menurunkan risiko kerusakan oksidatif dan penuaan dini pada fungsi otak hingga 40 persen. Risiko terkena kanker juga menurun dengan signifikan. Para partisipan ini tidak mudah mengalami gangguan daya ingat, gangguan berpikir, atau masalah kemampuan bicara.

  1. Mencegah datangnya kanker

Sebagaimana disebutkan sebelumnya, rutin makan pepaya memang bisa mencegah datangnya kanker. Bahkan, penderita kanker yang rutin mengonsumsi pepaya juga cenderung memiliki kondisi kesehatan yang jauh lebih baik dibandingkan dengan pasien yang tidak mengonsumsinya.

Penelitian yang sama juga membuktikan bahwa pepaya memiliki kandungan anti kanker yang bisa mencegah datangnya kanker payudara. Kandungan antioksidan di dalamnya yang sangat tinggi juga akan semakin memperkuat sistem kekebalan tubuh sehingga kita pun tidak akan mudah terkena masalah kesehatan ini.

  1. Baik bagi kesehatan jantung

Pepaya kaya akan kandungan likopen dan vitamin C. Kandungan ini bisa memberikan perlindungan lebih baik bagi kesehatan jantung dan pembuluh darah. Hal ini akan membuat risiko terkena kolesterol tinggi, salah satu hal yang menyebabkan penyakit jantung, menurun.

  1. Mencegah datangnya peradangan

Gaya hidup yang tidak sehat seperti menerapkan pola makan yang buruk, sering merokok, dan sering terkena stres akan membuat peradangan di dalam tubuh semakin meningkat. Dengan rutin makan pepaya yang kaya akan antioksidan, risiko peradangan ini bisa menurun sehingga kita pun tidak akan mudah terkena penyakit.

  1. Membuat pencernaan menjadi lebih sehat

Kandungan enzim papain di dalam pepaya ternyata bisa meningkatkan kinerja pencernaan dengan signifikan. Bahkan, pakar kesehatan menyebut pepaya bisa mengatasi beberapa masalah pencernaan layaknya sembelit, sindrom iritasi usus, dan perut kembung.

  1. Baik bagi kesehatan kulit

Kandungan vitamin C di dalam pepaya yang tinggi juga bisa memberikan manfaat kesehatan bagi kulit. Kita pun tidak akan mudah terkena masalah penuaan dini seperti keriput, kerutan, dan kulit yang kendur.

Melihat fakta-fakta ini, ada baiknya memang kita rutin mengonsumsi pepaya demi membuat tubuh semakin sehat.



Selain sebagai media informasi kesehatan, kami juga berbagi artikel terkait bisnis.

Posting Komentar untuk "6 Manfaat Tak Terduga Makan Pepaya, Bisa Cegah Kanker!"