Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

15 Ciri-Ciri Psikopat yang Wajib Anda Pahami

Jangan lupa membaca artikel tentang bisnis di > Informasi bisnis terbaik 2020.

ciri-ciri-psikopat-doktersehat

DokterSehat.Com – Apa itu psikopat? Psikopat adalah gangguan kepribadian yang ditandai dengan tidak adanya empati, tempramen yang tidak bisa diprediksi dan memiliki perilaku antisosial. Selain beberapa tanda tersebut, Anda juga harus mengenali ciri ciri psikopat lainnya.

Ciri Orang Psikopat

Seorang psikopat biasanya tidak bisa membedakan mana yang benar dan mana yang salah, sehingga banyak di antara mereka yang melakukan hal tak bermoral, bahkan kriminal dan tanpa penyesalan.

Perlu diketahui, seorang psikopat adalah pribadi yang memiliki perasaan terbuka, akan tetapi hal ini perlu diwaspadai karena psikopat memiliki kemampuan untuk mengeksploitasi orang dengan penipuan atau kebohongan yang konsisten. Dalam memanipulasi orang lain, ciri ciri psikopat biasanya memakai kecerdasan atau personanya.

Beberapa pakar berpendapat, orang psikopat mengalami luka bawaan pada struktur pusat berpikir dari otaknya sehingga aspek kepribadiannya secara menyeluruh berbasis emosi menjadi kurang utuh. Psikopat sangat ahli dalam hal mengatur emosi sendiri maupun memanipulasi emosi orang lain.

Berikut beberapa ciri ciri psikopat yang harus Anda kenali, antara lain:

1. Mengulangi perilaku buruk

Ciri ciri psikopat yang pertama adalah selalu mengurangi perilaku yang buruk. Hukuman apa pun yang diberlakukan tidak pernah membuatnya jera sehingga tanpa rasa segan dia akan mengulang perilaku buruknya di kemudian hari.

2. Ekspresi wajah tidak berubah

Ciri ciri psikopat berikutnya dapat terlihat dari tidak adanya perubahan ekspresi wajah. Seburuk apa pun perilakunya, hal itu tidak akan mengubah ekspresi wajah. Apalagi seorang psikopat juga pandai bermain sandiwara seperti pura-pura menangis, memelas, dll.

3. Selalu menyalahkan orang lain

Seorang psikopat mampu melakukan rasionalisasi demi upaya pembenaran dirinya dan meyakinkan lingkungan untuk melemparkan kesalahan kepada orang lain. Ciri ciri psikopat jarang sekali merasa bersalah dan menyesal. Seorang psikopat selalu menyalahkan orang lain terhadap kejadian buruk yang menimpa dirinya.

4. Mementingkan diri sendiri

Tujuan hidup seorang psikopat adalah mencari kenikmatan dan sama sekali tidak mempertimbangkan hari esok. Falsafah hidupnya adalah yang penting dirinya senang dan tidak memikirkan akibat kesenangannya pada orang lain.

Selain itu, ciri ciri psikopat hanya mampu memahami etika, norma dan agama yang berlaku dalam tataran verbal, tetapi tidak mampu menerapkannya dalam perilaku. Mereka umumnya ingin hidup nikmat tanpa kerja keras dan menginginkan segala sesuatu secara instan. Oleh karenanya, segala cara dihalalkan oleh seorang psikopat.

5. Perubahan emosi yang drastis

Apabila seorang psikopat tidak merasa nyaman baik secara psikologis, emosi ataupun fisik, ia dapat menjadi sangat marah dan mengeluarkan kata-kata kasar. Namun, setelah itu ciri ciri psikopat yang dapat dikenali adalah ia akan berlaku sangat manis.

6. Cepat bosan

Karena memiliki sifat bosan yang tinggi, ciri ciri psikopat dapat terlihat tingkat kedisplinan yang rendah. Seorang psikopat adalah pribadi yang tidak akan bisa bekerja dalam satu pekerjaan yang sama untuk waktu yang lama atau tugas-tugas yang mereka anggap membosankan.

7. Tidak bisa mencintai orang lain

Seorang psikopat sangat mementingkan diri sendiri dan hal itu tidak dapat diubah. Kondisi ini membuatnya benar-benar tidak mampu mencintai orang lain, termasuk orang tua mereka sendiri.

Satu-satunya perlakuan baik yang diperlihatkan oleh psikopat adalah ketika hal itu dapat digunakan sebagai keuntungan mereka atau memudahkan rencana dan tujuannya.

8. Merasa diri paling unggul

Ciri ciri seorang psikopat yang utama adalah memiliki pandangan yang terlalu tinggi akan kemampuan dan harga dirinya. Pribadi psikopat adalah orang-orang sombong yang percaya bahwa dirinya adalah manusia yang unggul.

Perlu diwaspadai juga, biasanya seorang psikopat adalah seorang yang luas dalam pergaulan, memiliki banyak teman, pandai bergaul, memiliki rasa humor dan kemampuan relasinya yang baik, sehingga banyak orang mudah tertarik kepadanya. Bagi psikopat yang agresif, kalau perlu membunuh pun tidak masalah baginya, asalkan keinginan hidup nikmatnya tercapai segera.

9. Selalu mengambil hak orang lain

Ciri ciri psikopat lainnya yang mudah terlihat adalah kebiasaannya mengambil hak orang lain, sering mengintimidasi dan selalu salah mengartikan peristiwa yang terjadi di sekitarnya.

Seorang psikopat umumnya bertindak spontan tanpa memikirkan perasaan orang lain yang dirugikan karena merasa dirinya paling unggul dibanding yang lain.

10. Selalu berbohong

Ciri orang psikopat dapat terlihat dari kemampuannya mengeksploitasi orang lain dengan kebohongan yang konsisten. Dengan kecerdasan dan pesonanya, seorang psikopat akan memanipulasi orang lain. Seorang psikopat juga rentan mengalami masalah hukum atas tindakan penyelewengannya.

11. Selalu melepas tanggung jawab

Ciri orang psikopat berikutnya adalah kebiasaannya untuk melepaskan tanggung jawab. Ciri ciri orang psikopat ini cenderung menyalahkan orang lain atas keselahan yang dilakukannya. Kondisi ini dipengaruhi karena orang psikopat merasa dirinya paling unggul. Ia tidak akan pernah menyesal dan malu untuk mengakui kesalahannya.

12. Tempramental

Tempramental adalah ciri ciri psikopat yang paling mudah dikenali. Kemarahan yang dilakukan secara berlebihan tanpa peduli siapa yang dihadapinya dan apa yang dilakukannya.

Dalam menjalin hubungan dengan orang-orang di sekelilingnya, pribadi psikopat sering marah berlebihan dan terus mengajak berbedat. Emosinya akan meluap-luap apabila terdapat gangguan untuk mencapai tujuan yang diingikannya.

13. Minim empati

Ciri ciri psikopatnya lainnya dapat terlihat dari emosi yang dangkal. Seorang psikopat cenderung tidak bisa menunjukkan emosinya. Pada situasi tertentu yang menyakitkan atau menakutkan, orang psikopat cenderung tidak menunjukkan respon sama sekali.

Bahkan, ketika orang normal menunjukkan reaksi ketakutan disertai dengan keluarnya keringat dingin sebagaimana respon tubuh, orang psikopat justru sebaliknya. Ia tetap tenang dan tubuhnya tidak menunjukkan respon apapun.

14. Suka menebar pesona

Seorang psikopat adalah pembicara hebat yang dapat dengan mudah memberi komentar cerdas. Pribadi psikopat adalah sosok yang senang menebar pesona dan meyakinkan bahwa dirinya adalah pribadi yang menyenangkan.

15. Licik

Pada dasarnya, ciri ciri psikopat dapat terlihat dari kemampuannya untuk menipu dan menyelewengkan sesuatu. Meski begitu, seorang psikopat adalah pribadi yang sangat bisa menerima pujian. Namun bila ada sesuatu yang tidak berjalan sesuai keinginannya, ia akan mencari kambing hitam untuk menyalahkan dan membelokkan suatu masalah.

Nah, itulah ciri ciri psikopat yang bisa Anda kenali.



Selain sebagai media informasi kesehatan, kami juga berbagi artikel terkait bisnis.

Posting Komentar untuk "15 Ciri-Ciri Psikopat yang Wajib Anda Pahami"