Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

15 Manfaat Buah Manggis untuk Ibu Hamil Ini Tak Disangka!

Jangan lupa membaca artikel tentang bisnis di > Informasi bisnis terbaik 2020.

manfaat-buah-manggis-untuk-ibu-hamil-doktersehat

DokterSehat.Com – Berbicara tentang makanan untuk ibu hamil, buah manggis adalah salah satu makanan yang wajib dikonsumsi selama menjalani masa kehamilan. Buah berdaging putih ini diklaim memiliki segudang manfaat bagi ibu hamil, tak terkecuali untuk janin yang tengah dikandungnya. Apa saja manfaat buah manggis untuk ibu hamil?

Kandungan Nutrisi Buah Manggis

Buah manggis adalah buah yang termasuk ke dalam jenis buah tropis. Buah manggis yang memiliki rasa asam manis ini memiliki segudang manfaat bagi kesehatan tubuh. Manfaat buah manggis bagi kesehatan tubuh tidak hanya terletak pada daging buahnya, bahkan sampai ke kulit manggis sekalipun.

Khasiat buah manggis tak lepas dari kandungan sejumlah zat nutrisi vitamin di dalamnya, sebut saja vitamin A, vitamin B6, vitamin B12, vitamin A. Selain itu buah manggis juga diperkaya dengan zat bernutrisi lainnya seperti kalsium, kalium, natrium, fosfor, zinc, tembaga, karbohidrat, protein, dan serat.

Manfaat Buah Manggis untuk Ibu Hamil yang Tak Disangka-sangka

Tak hanya mencegah dan mengatasi berbagai masalah kesehatan, buah manggis juga bermanfaat bagi ibu hamil. Atas dasar itu, para ibu hamil disarankan untuk turut memasukkan buah manggis ke dalam daftar menu sehat selama hamil demi menjaga kesehatan dirinya dan janin yang dikandungnya. Berikut manfaat buah manggis untuk ibu hamil yang perlu Anda ketahui.

1. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Selama menjalani masa kehamilan, sistem kekebalan tubuh seorang wanita akan mengalami penurunan sehingga lebih rentan terserang penyakit. Penurunan sistem kekebalan tubuh ini disebabkan oleh perubahan hormon yang terjadi saat memasuki kehamilan.

Guna meningkatkan sistem kekebalan tubuh bagi ibu hamil, salah satunya dengan mengonsumsi buah manggis. Manfaat buah manggis untuk ibu hamil untuk meningkatkan sistem imun dikarenakan buah ini mengandung vitamin C yang bersifat antioksidan sehingga sistem imun menjadi lebih ‘bandel’ dalam menangkal serangan penyakit.

2. Meredakan Sembelit

Salah satu masalah yang kerap dialami oleh ibu hamil adalah gangguan pencernaan berupa sembelit. Sembelit adalah kondisi di mana tubuh kesulitan untuk buang air besar (BAB).

Buah manggis kaya akan serat (3,7 gram/50 gram) sehingga efektif untuk mencegah atau mengatasi sembelit yang bisa saja Anda alami saat hamil nanti.

3. Meningkatkan Metabolisme Tubuh

Metabolisme tubuh yang menurun juga menjadi masalah lainnya yang acap kali dialami oleh para ibu hamil. Guna meningkatkan metabolisme, mengonsumsi manggis adalah satu dari beberapa solusi yang bisa dipilih. Kandungan vitamin B kompleks pada buah manggis menghasilkan khasiat buah manggis untuk ibu hamil yang satu ini.

4. Mengatasi Rasa Lelah

Tak sedikit ibu hamil yang mengeluh lelah selama menjalani masa kehamilan. Salah satu cara mengatasi lelah pada ibu hamil adalah dengan mengonsumsi buah manggis. Manfaat buah manggis untuk ibu hamil ini dikarenakan adanya kandungan zat antiinflamasi yang dipercaya mampu mengatasi rasa lelah yang umumnya menyerang area panggul dan kaki.

5. Pembentukan Jaringan Tulang Rawan

Manggis adalah buah yang mengandung 0,3 gram mangan untuk setiap 50 gram-nya. Adanya mangan ini menghasilkan khasiat buah manggis untuk ibu hamil muda maupun hamil tua. Mangan adalah zat yang berperan penting dalam pembentukan jaringan tulang rawan pada janin.

Asupan mangan yang mencukupi akan meningkatkan potensi fisik bayi yang terlahir sempurna. Bahkan, janin yang mendapatkan asupan mangan cukup memiliki risiko kanker yang lebih kecil kala sudah dilahirkan nanti.

Bagi Anda yang usia kehamilannya baru memasuki trimester pertama maupun sudah berada di trimester kedua dan ketiga, tidak ada salahnya turut menyertakan buah manggis ke dalam daftar menu sehat sehari-hari untuk merasakan manfaat buah manggis untuk ibu hamil yang satu ini, ya.

6. Mencegah Bayi Terlahir Cacat

Orang tua mana yang ingin anaknya terlahir cacat? Guna mencegah bayi terlahir cacat, salah satu cara yang bisa Anda lakukan adalah dengan mengonsumsi manggis. Manfaat manggis untuk ibu hamil yang ini dihasilkan oleh kandungan folat di dalamnya, yakni sekitar 65 mikrogram per 50 gram buah manggis.

Mengonsumsi buah manggis selama hamil efektif dalam membantu tumbuh kembang janin, terutama di bagian otak dan tulang belakang, sehingga risiko cacat di bagian tubuh tersebut dapat diminimalisir.

7. Menurunkan Kolesterol

Khusus untuk para ibu hamil yang memiliki kadar kolesterol jahat (LDL) tinggi, mengonsumsi manggis adalah salah satu cara menurunkan kolesterol di dalam tubuh. Kandungan kalori yang rendah menghasilkan manfaat buah manggis untuk ibu hamil guna menurunkan kolesterol ini.

8. Mencegah Terjadinya Pre-Eklampsia

Pre-eklampsia adalah gangguan kesehatan yang lumrah dialami oleh ibu hamil. Pre-eklampsia terjadi karena pembuluh darah yang mengalami tekanan selama hamil, bisa karena pola makan yang salah hingga riwayat hipertensi yang dimiliki.

Mengingat pre-eklampsia dapat menimbulkan komplikasi serius seperti keguguran, bayi terlahir cacat, bahkan menyebabkan kematian bagi ibu dan janin, maka mencegah kondisi ini terjadi adalah keharusan, dan salah satu manfaat buah manggis untuk ibu hamil  adalah menangkal pre-eklampsia.

9. Mencegah Timbulnya Stretch Mark Pada Perut

Kemunculan stretch mark kerap jadi momok bagi para ibu hamil. Bagaimana tidak? Stretch mark bisa mengurangi estetika kulit perut. Nah, tanpa disangka-sangka, buah manggis bisa jadi cara alami untuk mencegah stretch mark ini, lho.

Kandungan vitamin C pada buah manggis dipercaya mampu menjaga elastisitas kulit. Kulit yang elastis dapat menyesuaikan dengan perkembangan janin yang terus membesar sehingga tidak akan meninggalkan bekas yang kita sebut sebagai stretch mark tersebut.

10. Memperbaiki Sel Kulit Mati

Hamil menyebabkan banyak sel kulit yang mati dan rusak. Guna memperbaikinya, Anda bisa mengonsumsi manggis. Kandungan senyawa xanthon pada buah manggis menghasilkan khasiat buah manggis untuk ibu hamil untuk memperbaiki sel kulit mati.

11. Mengatasi Jerawat

Saat hamil, hormon androgen akan mengalami peningkatan produksi. Efeknya, timbullah jerawat pada wajah. Guna menghilangkan jerawat tersebut, ibu hamil disarankan untuk mengonsumsi bahan akami, termasuk buah manggis karena buah ini bersifat antioksidan sehingga efektif mengusir jerawat.

12. Merawat Jantung

Merawat kesehatan jantung adalah manfaat buah manggis untuk ibu hamil muda maupun hamil tua selanjutnya yang tak kalah penting.

Manggis diperkaya dengan zat kalium, zat mempunyai peran penting dalam mengendalikan irama detak jantung agar senantiasa ideal. Selain itu, kalium pada manggis juga efektif mengontrol tekanan darah.

13. Meminimalisir Risiko Diabetes

Diabetes—khususnya diabetes gestasional—adalah penyakit yang seringkali menyerang ibu hamil, terutama pada saat usia kehamilan memasuki trimester ketiga.

Selain melakukan aktivitas sehat seperti berolahraga rutin dan menjaga berat badan, mengonsumsi buah manggis adalah cara meminimalisir terjadinya diabetes gestasional yang bisa menimbulkan komplikasi serius seperti keguguran dan pre-eklampsia ini.

Khasiat buah manggis untuk ibu hamil yang satu ini karena adanya kandungan senyawa OPC dan asam tanat yang disebut-sebut dapat menurunkan kadar gula dalam darah.

14. Menambah Nafsu Makan

Kehamilan seringkali membuat nafsu makan menurun. Padahal, hal ini tidak baik bagi diri Anda maupun janin yang dikandung. Anda dan calon buah hati membutuhkan asupan nutrisi agar tetap sehat, di mana nutrisi tersebut bisa didapatkan dari makanan.

Guna mengatasi masalah nafsu makan menurun pada ibu hamil, konsumsilah buah manggis. Kandungan vitamin B1 pada manggis dipercaya efektif dalam meningkatkan nafsu makan, pun menghilangkan rasa mual yang menerpa ibu hamil, terutama ibu hamil muda.

15. Meningkatkan Mood

Mengonsumsi buah manggis secara rutin juga diklaim mampu meningkatkan mood ibu hamil, karena biar bagaimanapun, ibu hamil harus selalu berada dalam suasana hati dan pikiran yang bagus agar tetap sehat dan janin pun dapat bertumbuh kembang dengan baik.

Itu dia informasi mengenai manfaat buah manggis untuk ibu hamil yang perlu Anda ketahui. Tak disangka-sangka, ternyata buah manggis memiliki manfaat yang baik, bukan? Jadi, jangan lupa juga untuk makan buah manggis selama hamil, ya. Semoga bermanfaat!



Selain sebagai media informasi kesehatan, kami juga berbagi artikel terkait bisnis.

Posting Komentar untuk "15 Manfaat Buah Manggis untuk Ibu Hamil Ini Tak Disangka!"